Blackberry Messenger (BBM) masih menjadi pilihan utama konsumen smartphone Indonesia sebagai aplikasi sarana mengobrol atau chatting. Sekitar 79% konsumen menggunakan BBM untuk mengobrol, disusul dengan aplikasi WhatsApp 57% dan LINE 30%.
Rata-rata mereka menghabiskan waktu per hari untuk mengobrol dengan menggunakan BBM adalah 23,3 menit, WhatsApp 6,2 menit dan 5,1 menit dengan LINE. Hal ini menurut hasil survei yang dilakukan Nielsen On Device Meter (ODM) Nielsen, perusahaan global penyedia informasi dan insights mengenai apa yang konsumen tonton dan beli.
Executive Director Consumer Insights, Nielsen Indonesia, Anil Antony, mengatakan seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang digunakan konsumen Indonesia, pasar smartphone akan terus bertumbuh.
"Ini merupakan peluang yang baik untuk dimanfaatkan tidak hanya oleh penyedia perangkat telepon genggam, tapi juga oleh para penyedia jasa telekomunikasi selama mereka dapat terus meningkatkan kualitas produk dan layanannya," ujar Anil saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/6/2014).
Anil menambahkan, kualitas data jaringan (network data quality) merupakan salah satu pertimbangan utama konsumen selain memilih smartphone. Diharapkan para penyedia jasa telekomunikasi perlu memberikan perhatian untuk dapat memenangi pasar.
View the original article here
0 comments:
Post a Comment